Ninja


I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 30 Mei 2011

Mengapa Planet Uranus Berputar Miring?

Dalam Tata surya, poros putaran setiap planet lebih kurang menunjukan arah utara langit, seperti poros bumi. Planet ketujuh yakni Uranus, berbeda. Planet ini bergerak di antariksa dengan berputar miring. Poros putarannya berada hampir pada dataran orbitnya. Salah satu penjelasan keadaan yang aneh ini dalah bahwa uranus terdorong miring pada masa lalu, ketika sebuah benda langit yang kira - kira sebesar bumi menabraknya. Sisa - sisa tabrakan dahsyat ini mungkin telah membentuk bulan serta cincin planet itu. Namun, misi Voyager 2 tidak menemukan bukti apapun untuk mendukung teori itu atau mengajukan teori lainnya.

Proses terjadinya:

  1. Tabrakan dahsyat. Planet Uranus yang sedang berkembang jauh di masa lalu tertabrak oleh suatu benda langit berukuran planet, kira - kira sebesar bumi. Benturan terjadi pada bagian dekat salah satu kutub Uranus sehingga planet itu miring.
  2. Awan remukan. Benturan dahsyat memiringkan Uranus dan meremukan penabraknya, sehingga planet itu terselubung awan uap air dan remukan batuan.
  3. Awan menjadi cincin. Awan uap air, batuan, dan gas yang menyelubungi Uranus lambat laun menata diri dalam orbit di sekeliling khatulistiwa planet tersebut. Remukan yang mengorbit ini akhirnya menjadi cincin dan bulan - bulan Uranus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar